Sabtu, 09 Maret 2024

7 Tips Seks untuk Perempuan dengan Vaginismus, Biar Gak Tersiksa

Hidupsehat - Vaginismus merupakan suatu kondisi ketika otot-otot vagina berkontraksi saat ada sesuatu yang mencoba memasukinya. Akibatnya, ini dapat mempersulit penetrasi seks. Vaginismus dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kecemasan seksual hingga infeksi fisik. Apa pun penyebabnya, vaginismus dapat menyebabkan perempuan kesulitan dalam melakukan aktivitas seksual.Untungnya, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh perempuan dengan vaginismus untuk menikmati seks. Baca terus untuk mengetahui apa saja tips seks untuk perempuan dengan vaginismus. - SahabatQQ

SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

1. Gunakan dilator

Bagi banyak orang dengan vaginismus, dilator dapat membantu menggurangi ketidaknyamanan untuk kondisi ini. Dijelaskan dalam laman Romper, dilator dapat membantu vagina agar perlahan terbiasa dengan benda yang dimasukkan. Banyak perempuan merasa bingung memilih ukuran dilator. Dalam hal ini, disarankan untuk memulai dari yang kecil hingga kamu terbiasa dengan sensasi yang dihasilkan.Selanjutnya, kamu bisa mencoba beralih ke ukuran yang lebih besar.          


2. Gunakan pelumas

Dilansir Women's Health, disarankan untuk menggunakan pelumas seks ganda, yaitu yang berbahan dasar minyak dan berbahan dasar air sebagai tambahannya.Kombinasi keduanya bekerja dengan sangat baik untuk membuat vagina lebih licin dan mudah dimasuki.Perlu diingat bahwa meskipun telah menggunakan pelumas seks, mungkin tetap perlu waktu sedikit lebih lama untuk bisa melakukan penetrasi. Jadi, bersabarlah dan tetaplah berusaha.Selain itu, perlu diketahui bahwa pelumas berbahan dasar minyak tidak bisa digunakan bersama dengan kondom.


3. Terapi psikoseksual

Hal penting lainnya dalam pengobatan vaginismus adalah memahami akar penyebab masalahnya. Misalnya, apakah penyebabnya adalah sesuatu yang bersifat fisik dan dapat diobati? Atau, respons emosional? Dalam hal ini, berbicara tentang apa yang sebenarnya terjadi bisa sangat membantu.Misalnya, jika perempuan merasa stres atau tidak didengar oleh pasangannya, akan lebih sulit baginya untuk mencapai orgasme. Vaginismus memengaruhi kedua belah pihak dalam suatu hubungan, bukan hanya pihak perempuan, jadi sangat penting untuk membicarakannya.


4. Dapatkan konseling

Konseling seks biasanya melibatkan pembelajaran tentang anatomi dan apa yang terjadi selama gairah seksual dan hubungan seksual. Kamu juga akan mendapatkan informasi tentang otot yang terlibat dalam vaginismus.Ini dapat membantu kamu memahami bagaimana bagian-bagian tubuh bekerja dan bagaimana tubuh merespons.Konseling dapat melibatkan diri sendiri atau dengan pasangan. Mengutip dari Healthline, disarankan untuk konseling dengan seorang konselor yang berspesialisasi dalam gangguan seksual.Teknik relaksasi dan hipnosis juga dapat meningkatkan relaksasi dan membantu kamu merasa lebih nyaman saat berhubungan seksual.


5. Fokus pada foreplay daripada penetrasi

Alih-alih dengan penetrasi, disarankan untuk fokus pada foreplay dan seks oral untuk mendapatkan kenikmatan seksual. Pasangan yang pengertian juga akan menyadari bahwa penetrasi bukanlah segalanya, dilansir Vuvatech.Ketika kamu dan pasangan secara teratur mengalami orgasme tanpa penetrasi yang menyakitkan, kamu dan pasangan akan menjadi lebih terhubung dan lebih nyaman satu sama lain.Seiring waktu, kamu akan menjadi lebih percaya diri dan santai di atas ranjang. Selanjutnya, kamu dapat mulai mencoba penetrasi lebih sering, tentunya tanpa harus menyakiti diri sendiri.


6. Kegel

Pada dasarnya, Kegel dapat menjadi solusi untuk hampir setiap masalah seksual. Dijelaskan dalam laman Romper, latihan Kegel dapat membantu perempuan dengan vaginismus belajar bagaimana cara agar benar-benar rileks dan mengencangkan otot panggul.Kendati Kegel tidak dapat menyembuhkan vaginismus, tetapi latihan ini dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh banyak perempuan dengan disfungsi seksual ini.Ada banyak video yang tersedia di YouTube tentang cara melakukan Kegel yang benar dan kamu dapat melakukan latihan ini kapan saja dan di mana saja. 


7. Operasi

Operasi bukanlah solusi untuk semua orang dengan kondisi ini. Namun, jika vaginismus disebabkan oleh masalah fisik, maka operasi mungkin menjadi solusi yang tepat. Dijelaskan oleh National Health Service, jika vaginismus disebabkan oleh endometriosis atau jaringan parut yang menyumbat vagina, maka operasi mungkin membantu kondisimu.Untuk mengetahui apakah keputusan ini tepat untukmu, kamu perlu berkonsultasi dengan profesional perawatan medis.Itulah tips seks untuk perempuan dengan vaginismus. Disfungsi seksual apa pun, termasuk vaginismus, dapat merusak hubungan. Bersikap proaktif dengan mencari perawatan sangat penting dalam menyelamatkan pernikahan atau hubungan.Perlu diingat bahwa kamu tidak harus melewati semua ini sendirian. Bicarakan dengan pasanganmu agar bisa melewati ini bersama-sama. - DominoQQ

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blogger Sehat | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com